Kamis, 23 Februari 2012

I like mathematics

soal pertama
Ada dua orang anak namanya Unang dan Anang, mereka sudah lama sahabatan. suatu hari, Unang dan Anang membantu ibunya menjualkan barang dagangan berupa pisang goreng dan aneka jajanan lainnya. setelah seharian mereka berkeliling kampung, merekapun akhirnya pulang kerumah. sesampai di rumah Anang mereka menghitung semua uang hasil penjualan pisang goreng. uang hasil penjualan tadi kemudian mereka berikan kepada ibunya Anang. karena Unang dan Anang telah ikut membantu menjualkan barang dagangan ibunya, maka mereka pun mendapatkan upah atas keletihannya. jumlah uang mereka jika digabungkan sebesar Rp. 7.050,-. Sedangkan perbandingan uang Unang dan Anang adalah 2   1/4  :  1    2/3. berapakah uangnya Unang dan Anang ?
soal kedua
Hasil keuntungan penjualan durian adalah Rp. 240.000,- kebetulan yang menjual durian ada 3 orang yaitu Pak Bakri, Pak Carles dan Pak Dedy. hasil keuntungan penjualan tersebut akan dibagi dengan ketentuan sebagai berikut : Pak Bakri mendapatkan 1/3 bagian, Pak Carles mendapatkan 3/4 bagian sedangkan Pak Dedy mendapatkan sisanya. berapakah bagian mereka masing-masing ?

Ada yang bisa membantu mereka menghitung uangnya ??
jangan takut salah, jika sudah bisa serahkan langsung jawabannya dengan menggunakan selembar kertas dan setorkan pada bapak guru mu. akan ada imbalan yang menunggu kalian. siapa cepat dia dapat. (5 pengirim pertama akan mendapatkan hadiah) ayo buruan kerjakan.

1 komentar: